warna warni duniaku

sop buntut

Posted on: February 27, 2008

Mengawali petualangan sop buntut di sop buntut Bang Hadji. tempatnya di margonda. kalo dari arah jakarta, sebelah kanan, sebelum mall depok. disini ada semua jenis standar, sop buntut biasa, sop buntut goreng, dan sop buntut bakar. harganya yang medium 21ribu, yang large 26 ribu. rasanya oke, puas sih makan disitu. cuma ngerasa agak mahal aja bwt sekali makan versi kantong gw. selaen sop buntut, dia juga nyediain sop daging sapi yang super murah, dan agak aneh sih. soalnya kalo gak pake nasi harganya 8500. tapi kalo pake nasi malah cuma 5000! lebih murah euy!

nah, beberapa bulan yang lalu, pas mau makan disana lagi, ternyata udah tutup! eugh, menyebalkan. soalnya referensi sop buntut gw cuma disitu. kalo yang disitu tutup, berarti kan gw musti hunting2 lagi. sempet liat2 di websitenya, terus cabang yang daerahnya agak manusiawi tu cibubur sama lebak bulus. tapi yang di cibubur katanya masi jauh lagi dari bumi perkemahan dan yang di lebak bulus belum tau letak persisnya. usaha hunting berhenti sampai situ.

sampe suatu malem, dimana gw pengeeeeen banget makan sop buntut. googling, dapet sop buntut ZOE margonda. waduh, padahal lagi bokek, sedangkan udah ketebak kalo makan disana bakalan bikin makin bokek. yah, walopun dimana2 sop buntut kayanya emang pasti bikin makin bokek sih, hoho. btw, pas googling dengan keyword ‘sop buntut depok’, lumayan banyak yang bilang kalo sop buntut adalah salah satu menu andalan disini. ya sok lah, akhirnya dibela2in kesana. pertama liat menu, cek, ada sop buntut, harganya 26ribu. yah beneran bokek deh. langsung mesen sama mbak2nya. terus mbak2nya nanya lagi, mau yang biasa ato yang bakar, dan gw dengan polosnya mesen yang bakar, karena biasanya enakan yang bakar kan ya. ternyata pas mbak2nya udah selesei nyatet pesenan, gw cek menu lagi, harga sop buntut bakarnya beda, yaitu 28ribu. hiyalooo,, makin bokek. ahahahaha, gebleg lah.

nah, pas pesenan dateng,, mm, keliatannya enak nih. ihiy,, langsung tancap! dan ternyata oh ternyata,, satu komentar gw. manis banget!! parah deh ah, padahal gw gak gitu suka makanan yang manis2, alhasil gw gak sanggup ngabisin tu buntut2 bakar. huh, menyebalkan. padahal masi pengen. nyebelin lah pokoknya. gak lagi2 deh makan sop buntut disitu kalo gak terpaksa. dan kalopun mau mesen sop buntut disitu, gw gak boleh lupa minta kecapnya jangan kebanyakan! di titik itu, hasrat gw *sah elah* bwt makan sop buntut belum terpuaskan.

terus di suatu pagi, gw mau berangkat ke kampus, yang biasanya gak pernah lewat semabels, eh ini lewat situ, melewati pusat gaul tebet itu dan melihat ada menu sop buntut bakar. ihiy, langsung melotot deh gw, memicingkan mata, oh ternyata itu menu restoran burger & grill. ahay,, itu kan ada juga di margonda! asiiik.

sorenya, karena gw gak enak badan, pengen makan yang anget2,, langsung deh menuju situ!! Burger & Grill margonda maksudnya. sempet was2 gak ada menu sop buntut bakar di cabang depok sih, soalnya kan yang di depok itu baru2 buka,, tapi ya dicoba dulu sajalah. ini kali pertama gw makan di cabang itu, dan pertama kalinya gw pesen makanan selaen burger di retoran burger. dan gw sama sekali tidak menyesal saudara2. walopun keadaan dompet gw tidak lebih baik dari sebelumnya, dan harganya bahkan lebih parah *3o ribu!!*

pas dateng,, uuu,, tampilannya oke. dan untuk pertama kalinya gw bener2 suka sama kuah sop buntut. biasanya gw cuma merhatiin buntutnya doang. ini kuahnya seger banget, tomatnya seger,, sambel cabe ijonya juga gak pedes, jadi gw suka. ahahaha, aneh ya gw, soalnya standar pedes gw agak2 gak oke sih, yang menurut orang2 cuma agak2 pedes, di gw bisa kepedesan. jadi yang disitu sambelnya oke lah! nasinya banyak banget, menguntungkan partner makan gw, tapi gw juga abis banyak, dan gw menikmati banget sop buntut bakarnya! sampe suapan terakhir, gw masih berdecak2 kagum sama rasanya. oh, cuma ada satu sih kekurangannya, dagingnya gak seempuk di tempat laen, kentang sama wortelnya juga. tapi masih dalam batas aman kok, dan gw rasa itu gwnya aja yang kebiasa makan yang kecil dan empuk2.

petualangan sop buntut dilanjutkan ke restoran dapoer buntut, yang letaknya malah deket banget sama rumah gw, tapi belum pernah kesampean makan disana. akhirnya waktu itu,, pulang dari depok masi siang, dan pas sampe deket rumah berasa laper,, jadi deh mampir kesitu dulu. dari browsing2,, katanya menu andalannya adalah sop buntut karamel dan sop buntut tulang lunak. dan berhubung gw gak suka karamel,, jadilah gw mesen yang tulang lunak. nama di menunya ‘sop buntut tulang’.

tadinya gw pikir bentuknya kaya sop buntut goreng ato bakar gitu, yang buntutnya dipisah. tapi ternyata dicampur,, dan buntutnya tu kecil2 banget. cuma segede2 jari2 gitu deh. pantesan aja bisa lunak tulangnya. dan fyi, gak semua tulangnya lunak. ada beberapa yang pas gw gigit,, euuw, keras. dan rasanya pun biasa banget. kuahnya keruh khas sop daging. mungkin karena dicampur kali ya sama buntutnya. dan potongan buntutnya pun dikit banget. ohohooo. kecewa. pdhl pas disana gw liat banyak review2 dari majalah dan internet. dan ceriwis pun pernah maen kesitu. yah, mungkin next time gw coba yang goreng / bakarnya. mudah2an better. btw, harganya 22.500, kalo pake nasi tambah 3000. dan teh tawar angetnya gratis ;p

sampe detik ini, pemenang rasa sop buntut versi selera gw dipegang oleh Sop Buntut Bakarnya Burger and Grill! mantap lah.. silakan lho dicoba2..

Advertisements

8 Responses to "sop buntut"

hehe, coba d sop buntut di cafenya ce gw (promosi mode on).
agak jauh si – kedoya (jakarta barat) seberangnya rs graha medika, sederet sama super-indo, a&w, EF dan FIF, mantaph bow. 🙂

wheel-mar:
waduh, jauh bener di kedoya. kapan ya nyobanya?? yang deket2 aja,, di daerah selatan2.. 😉

hehe, sekalian berpetualang donk, sabtu aja (minggu tutup soalnya) btw gw lupa kasi tau namanya –> Olly’s Cafe and Cake (pecahan dari Billie Chick – yang di PIM2 en Citos)

wheel-mar:
ohoho,, oke kapan2.. tapi dapet diskon gak? hahaha, ngarep. btw, ini wilmar fasilkom bukan sih ya??

ya iya lah.. masak baru setaun uda lupa ama gw?? 😀

~kangen Indo…

hehehe, inget gw,, tapi sapa tau lo wilmar manaaa gituu. ntar salah orang kan lebih malu2in, hehe..

ooo wilmar yang suka nongol ke ristek nanya-nanya “ada yang baru ga ada ayang baru ga” itu yah xD

[…] (18.5k), ketupat sayur bakar (17.5k), pancake sate yang gw lupa nama dan harganya, dan tentunya,, sop buntut bakar (33.5k)!!! mm, rasa masing-masing ups and downs sih. tapi sop buntut bakarnya, paling oke dari […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

stop using autism in daily jokes

Archives

%d bloggers like this: