warna warni duniaku

wisuda kedua

Posted on: February 4, 2013

Jadi, di tempat gw ada wisuda fakultas sama wisuda universitas. Standar lah ya, pas jaman S1 dulu jg gitu. Awalnya, pengen ikut dua2nya dong. Walopun makin deket ke akhir semester mulai galau, apakah gw perlu ikut kedua wisuda itu?

Trus, pas ngurusin finishing2 tesis kemaren, muncullah informasi resmi soal wisuda, as below:

  • Wisuda fakultas diadain hari kamis pagi, jam 8 – 12, bareng sama wisuda S1 dan S3.
  • Wisuda universitas resminya hari sabtu pagi, mulai jam 7.
  • Wisuda universitas ada acara gladi resiknya (dimana acara dipanggil satu2 ke depan dan foto bareng dekan dan rektor diadainnya pas gladi resik ini) hari jumat siang.

Jadi, kesimpulannya, kalo gw mau ikut semua, gw harus:

  • Mondar mandir depok 3 hari berturut2
  • Ambil cuti kamis dan jumat dan nggeret sang suami buat cuti juga kamis dan jumat
  • Nyiapin 2 baju (optional, tapi masa beda hari gitu kebayanya sama sih?) dan 2 kali mekap (gak mungkin gak kan?)
  • 2 kali stand by di depok jam 6 pagi hari kamis dan sabtu

Bayanginnya aja mau pingsan! Ini belum ngomongin konsekuensi finansial ya.. Kalo gw gak lagi hamil DAN kalo gw deket banget sama temen2 kampus gw, mungkin gw bakal mikir panjang ya, dan pengen sebanyak mungkin acara bareng2, namanya juga terakhir kali bareng2. TAPI, mengingat beberapa hal itu, jadilah gw dengan (gak terlalu) berat hati merelakan ikut salah satunya aja. Pikiran selanjutnya, ikut yang mana? Wisuda fakultas ato universitas? Nah lhoo..

Wisuda universitas lebih grande pastinya, paduan suaranya itu loh yang selalu memukau, secara ribuan maba yang jadi paduan suara. Bisa foto bareng partner-in-crime gw yang dulu bikin gw impulsive lanjut kuliah lagi, dan wisuda aslinya sabtu. Kalopun gw mau skip acara gladi resiknya, gw jadi gak perlu ambil cuti buat dateng ke acara ini.
TAPI, karena grandenya itu, pasti lebih riskan juga buat gw dengan kondisi perut buncit gini. Trus, di acaranya sendiri sebenernya kita bener2 gak ngapa2in, cuma duduk doang, gak disebut namanya (unless elo lulusan paling muda dan lulusan dengan IP paling tinggi kayanya, dan gw udah jelas bukan dua2nya :p), jadi kalo skip gladi resik, bahkan gak ada dokumentasi yang menyatakan kita ikut wisuda universitas (oh iya, unless kita ikutan foto studio (optional dan ngantri parah). Dan yang paling penting, gue udah pernah kali pas jaman S1 dulu. Mungkin kalo gw ganti kampus akan terasa lebih penting ya, tapi secara kampus gw gak berubah, jadi yaa, udah gak once-in-a-lifetime-event lagi…

Kalo wisuda fakultas, acaranya lebih private sih, less grande pastinya. Barengan S1 S3 pula, jadi pasti akan lebih banyak peserta wisuda yang gw gak kenal. Dan yang paling gak asiknya sih karena hari kamis, dooohhh, kenapa sih harus hari kerja?
TAPI, secara logis, acara ini pasti lebih nyaman buat fisik gw, trus disini harusnya kita dipanggil satu2 dan kalo hoki bisa diusahain foto bareng sama pembimbing (in my case, pembimbing gw udah bilang dia gak bisa dateng sih, hiks). Nyokap gw juga ngasi pertimbangan, kalo gw punya rencana untuk kembali lagi ke sini suatu saat nanti, kayanya paling tepat kalo gw ikut wisuda ini. Ples, secara emak gw aktivis kampus gue yaa, pasti dia lebih pengen dateng ke wisuda fakultas. Okayyy…

Setelah bimbang2 di dinding dan dengan segala consideration di atas, akhirnya bismillah dimantepin buat ikut wisuda fakultas aja. Jadi hari kamis nanti, insya Allah cuti buat wisudaaaa. Persiapan, pendaftaran udah diurusin sekalian ngurusin tanda tangan tesis. Baju udah (hampir) beres. Toga karena nyewa jadi dikasinya pas hari H nanti. Salon buat make up udah di DP (dimana tarifnya udah lebih dari 2 kali lipat dibanding make up jaman wisuda S1 dulu ya bokk). Hotel buat emak bapak udah di book. Mudah2an semua lancar, kita semua sehat hat hat, dan acara wisudanya menyenangkan 🙂

ps:
terus kemaren dapet info dari si partner-in-crime, kalo pak JeKa bakal dapet gelar Doktor dan ibu negara berencana dateng di wisuda universitas karena sang menantu presiden juga lulus master. bokkk, kebayang riweuhnya kalo gw ngikut wisuda universitas? Alhamdulillah ya, mudah2an pilihannya bener 🙂

Leave a Reply

stop using autism in daily jokes

Archives

